Blog Detail

(AR) & BERBAGI KEUNGGULANNYA




Kecanggihan teknologi jaman sekarang memang begitu pesat. Kita mungkin sudah sangat familiar dengan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Istilah Virtual Reality mungkin sudah langsung terbayang di benak kita sebagai gambaran dimana seseorang akan menggunakan perangkat dan merasakan pengalaman berada di “dimensi” lain melalui perangkat tersebut. Sementara itu, Augmented Reality mungkin masih belum begitu dikenal oleh banyak orang—meskipun kebanyakan dari kita mungkin pernah merasakan pengalaman yang sama. Teknologi AR memungkinkan kita melihat objek tambahan dari layar perangkat ponsel pintar melalui kamera saat menyorot suatu objek tertentu.

Bila pengertian teknologi AR tersebut sulit untuk dipahami, kita bisa mengingat sekilas sebuah game ponsel yang cukup populer yaitu Pokemon Go. Permainan tersebut merupakan contoh dari penerapan teknologi AR yang pada dasarnya memiliki sebuah teknologi canggih, dimana kita bisa merasakan pengalaman berbeda melalui “realitas tambahan” di dalamnya. Lantas, apakah AR ini hanya diperuntukkan untuk teknologi yang sifatnya game saja? Jawabannya tidak.

Teknologi AR bahkan bisa meningkatkan laju pertumbuhan bisnis dengan cepat. Strategi pemasaran melalui teknologi AR bisa dibilang menjadi sesuatu yang unik dan menarik. Masih jarang pebisnis yang menggunakan teknologi AR di Indonesia sebagai strategi untuk menumbuhkan bisnisnya. Keunggulan teknologi AR di bidang bisnis tentu saja bisa dilihat dengan bagaimana ia bisa berfungsi dalam mempromosikan sebuah produk dengan lebih informatif dan juga terperinci. Konsumen yang mendapatkan pengalaman teknologi ini juga bisa memberikan sebuah kesan positif bagi pelaku bisnis, sehingga brand image yang dimiliki oleh pebisnis juga akan meningkat.

Tidak hanya untuk masalah bisnis, penerapan teknologi AR juga bisa digunakan untuk bidang edukasi. Proses pembelajaran bisa menjadi lebih efektif, manakala sebuah objek dalam bentuk tiga dimensi bisa muncul hanya dengan menyorot bagian dari sebuah buku. Teknologi AR tentu bisa menunjang peningkatan di bidang edukasi pula. Ini akan menjadi semakin menarik, apabila perpustakaan-perpustakaan juga bisa menerapkan teknologi serupa sehingga ia bisa menjadi tempat yang lebih menarik untuk dikunjungi.

Masih ada banyak lagi penerapan teknologi AR ini untuk menunjang berbagai macam pengembangan. Tak hanya di bidang hiburan, bisnis atau edukasi, bahkan teknologi AR juga mulai dikembangkan untuk bidang-bidang seperti kesehatan, keperawatan dan kedokteran. Teknologi AR bisa memberikan pengalaman visualisasi yang lebih nyata dan mudah untuk dipahami. Kecanggihannya tentu saja memberikan kesan tersendiri bagi siapa pun yang belum pernah mencoba menggunakan teknologi ini. Yang jelas, siapa saja yang jeli untuk memanfaatkan teknologi AR ini tentu saja bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang bermanfaat dan tidak menutup kemungkinan pula mendatangkan lebih banyak keuntungan.



Categories

Latest posts

30 November -0001
DIGITAL MARKETING