Blog Detail

DIGITAL MARKETING




Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.

Berikut ini adalah berbagai kelebihan marketing dibandingkan dengan konvensional :

  • Jangkauan konsumen yang luas
  • Kombinasi sumber daya bias memaksimalkan hasil
  • Memperkirakan jumlah dan spesifikasi jangkauan calon konsumen
  • Waktu pencapaian relatif lebih cepat, mudah, dan murah

Digital marketing ini secara luas juga memiliki target yang sama dengan pemasaran konvensional. Yaitu agar calon konsumen membeli langsung produk yang di tawarkan, atau merubah prespsi dan cara dagang konsumen terhadap suatu produk atau brand tertentu.

Dan ada beberapa cara atau strategi untuk meningkatkan penjualan dengan digital marketing, yaitu dengan cara :

  • Context

Dalam tahap ini akan ditentukan mengenai konteks yang akan dituangkan sesuai dengan pesan produk ataupun layanan Anda, mulai dari menentukan permasalahan hingga stakeholder yang terlibat nantinya pada strategi yang akan diterapkan melalui pemasaran digital. Bisa dibilang menjadi kunci utama kampanye produk atau layanan yang akan disampaikan berulang-ulang demi mendapatkan kesadaran khalayak akan kehadiran.

  • Value exchange

Menentukan value exchange maksudnya adalah value atau nilai apa yang nantinya akan diberikan kepada konsumen Anda dalam memasarkan produk. Tujuan dari penentuan nilai yang baik adalah untuk menciptakan loyalitas konsumen sehingga dengan begitu mereka akan menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kesuksesan pemasaran digital.

  • Objectives

Sama artinya goal atau tujuan apa yang hendak dicapai oleh seorang praktisi pemasaran digital dalam melakukan kegiatannya. Sebuah strategi tidak akan lepas dari tujuanyang dibuat, sehingga perlu adanya diskusi yang matang mengenai tujuan sebelum melakukan eksekusi. Tujuan diukur dengan memanfaatkan Key Performance Indicator (KPI) mencakupSpecific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time-bound.

  • Tactics

Banyak teknik dan alat Digital Marketing di Indonesia yang tersedia untuk mewujudkan target dalam pemasaran digital. Setiap taktik tersebut memiliki keunggulan misalnyauntuk mendapatkan pelanggan baru mungkin terbaik didorong oleh penyebaran informasi yang bisa dicari mesin pencarian.Sementara email adalah salah satu alat yang paling efektif untuk menjual lebih banyak produk atau jasa untuk pelanggan yang sudah ada. Ada banyak contoh taktik yang bisa digunakan seperti SEM, SEO, social media marketing, dan sebagainya.

  • Evaluation

Hal terakhir yang menjadi pertimbangan adalah adanya evaluasi terhadap langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya, dengan begitu akan mendatangkan beberapa ide baru terkait strategi yang akan diterapkan selanjutnya. Pengukuran dalam media digital dapat dilakukan dengan beberapa online tools dengan hasil yang lebih akurat dibandingkan media konvensional.

marketing di Indonesia kurang lebih harus cermat dengan beragamnya khalayak yang hendak dijadikan konsumen serta menjalankannya supaya bisa beriringan dengan promosi dengan media konvensional. Pada akhirnya bisnis Anda akan semakin berkembang dan penjualan pun meningkat.



Categories

Latest posts

30 November -0001
DIGITAL MARKETING