Blog Detail

Meningkatkan Bisnis Online dengan Teknologi Virtual Reality




Melakukan sebuah usaha bisnis tanpa adanya sebuah inovasi adalah suatu hal yang sebaiknya dihindari. Arus perkembangan teknologi saat ini begitu pesat. Sesuai dengan hukum adaptasi alam, siapa yang mampu beradaptasi, dialah yang akan bertahan. Begitu pula dengan kita saat akan menjalani bisnis. Apabila kita tidak mampu beradaptasi dengan arus teknologi tersebut, jangan heran bila sebenarnya bisnis kita sedang berada di ujung tombak. Ini sangat berlaku dimanapun dan kapanpun para pelaku bisnis itu menjalankan roda bisnisnya.

Sebagai contoh, saat ini semarak bisnis online menjadi pionir bagi masyarakat Indonesia. Berbagai macam fenomena “gulung tikar” para toko-toko offline di Ibukota misalnya, adalah contoh nyata bahwa masyarakat saat ini lebih menyukai sesuatu yang praktis. Tak heran apabila kemudian banyak ritel yang tutup pintu dan mulai membanting stir bagaimana caranya supaya mereka tetap bisa bertahan. Bagaimana pun juga, masyarakat lebih suka diberi kebebasan dan kemudahan saat belanja.

Kita sebagai pelaku bisnis, mungkin akan “latah” dan mencoba peruntungan dengan sama-sama membangun bisnis online. Sayangnya, bisnis online pun sudah menjamur dimana-mana. Kembali ke hukum adaptasi tadi, siapa saja yang tidak mampu untuk beradaptasi, dialah yang tidak akan bertahan. Oleh karenanya, harus ada sesuatu yang berbeda dari sebuah bisnis online sehingga menjadi nilai tambah dan kemudahan bagi para penggunanya.

Teknologi Virtual Reality (VR) adalah salah satu teknologi yang saat ini juga termasuk berkembang. Kita bisa melihat salah satu raksasa teknologi, Microsoft, sering menggembar-gemborkan jargon “mixed reality”-nya di produk-produk terbarunya. Ini artinya, teknologi ini akan semakin banyak diadopsi pula oleh masyarakat. Inilah salah satu celah dan kesempatan bagi siapa saja yang ingin bisnis online-nya lebih inovatif dengan menggunakan strategi ini.

Teknologi VR ini bisa diterapkan terutama pada saat kita akan mengenalkan produk. Masyarakat terbiasa melihat produk hanya secara gambar dua dimensi saja. Namun dengan adanya teknologi VR, maka sebuah produk bisa terlihat lebih nyata dan detail. Tentu saja, ini akan meningkatkan kepercayaan dari masyarakat terhadap produk yang sedang dipilihnya. Bisnis online yang menerapkan teknologi ini bisa dibilang masih sangat jarang. Pengalaman baru dalam berbelanja online menjadi sebuah tagline yang mampu membuat keunggulan dari sebuah bisnis yang ada.

Jadi, siap atau tidak siap, arus teknologi akan terus berkembang. Menerapkan teknologi VR ke dalam bisnis online bisa menjadi sebuah siasat baru untuk memberikan pengalaman unik bagi para konsumen. Ini bisa menjadi solusi yang sifatnya inovatif dan juga bagus untuk mengembangkan bisnis. Teknologi VR juga bisa diterapkan ke dalam banyak hal lainnya. Setidaknya, faktor unik dalam sebuah bisnis online semacam ini bisa menjadi inovasi yang mampu mendongkrak nilai bisnis.



Categories

Latest posts

30 November -0001
DIGITAL MARKETING