Blog Detail

Teknologi AR untuk Pengalaman Unik Konsumen




Perkembangan teknologi augmented reality (AR) saat ini boleh dibilang sebagai sesuatu yang cukup signifikan. Meski demikian, masih jarang masyarakat Indonesia yang "melek" akan hal ini. Ini tentu tidak terlepas dari bagaimana penerapan teknologi tersebut yang masih kurang. Padahal apabila dipikir-pikir, perangkat ponsel pintar pun saat ini sudah banyak yang bisa menjalankan program augmented reality. Contohnya ada banyak. Seperti misalnya permainan-permainan yang menggunakan AR di dalamnya. Lantas, apakah AR hanya sebatas pada penerapan di program yang sifatnya permainan?

Terobosan Teknologi AR yang Inovatif

Jawabannya tidak. AR, bagaimanapun juga bisa menjadi terobosan baru bagi mereka para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Sebagai contoh, sebuah demonstrasi produk akan terlihat lebih nyata dan detail. Ini adalah salah satu kelebihan dari teknologi AR yang bisa mulai diterapkan pada platform tertentu. Konsepnya mudah, pengguna cukup membidik bagian tertentu dari suatu objek nyata melalui kamera ponsel, kemudian objek 3D akan muncul secara virtual dalam tampilan ponsel.

Konsep ini mungkin terdengar familiar, terutama bagi yang pernah mencoba fitur filter pada suatu aplikasi ponsel pintar. Itu adalah konsep dari penerapan AR saat ini yang memang cukup populer, namun jarang disadari sebagai bentuk teknologi AR. Tak heran apabila pelaku bisnis bisa memanfaatkan teknologi AR ini dengan baik, bisnis bisa terdongkrak dengan baik. Mengapa bisa demikian? Sebab pengalaman konsumen atau pengguna merupakan salah satu komponen penting yang bisa menjadi pedoman dari penerapan teknologi ini.

Tantangan Baru untuk Dunia Bisnis

Pengalaman pengguna akan menciptakan penilaian tersendiri, sehingga pengguna mungkin menjadi lebih percaya pada produk-produk yang ditawarkan secara konkret melalui pencitraan dalam teknologi AR. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mendapatkan gambaran langsung dari program yang ia jalankan. Kesempatan inilah yang menjadi alasan bagus mengapa penerapan teknologi AR saat ini bisa diterapkan pada suatu bidang bisnis tertentu. Augmented reality akan menjadi inovasi baru untuk menciptakan pengalaman yang unik bagi konsumen. Tantangan ini adalah sebuah hal yang patut dipertimbangkan sebagai salah satu strategi dalam mengembangkan bisnis.



Categories

Latest posts

30 November -0001
DIGITAL MARKETING